Tugas dan Fungsi PPID


Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu

Tugas :

  1. Mengkoordinasikan seluruh kegiatan pelayanan informasi publik;
  2. Menerima pengajuan keberatan yang disampaikan secara tertulis oleh pemohon informasi publik serta mengikuti proses atas sengketa informasi yang diajukan oleh pihak pemohon;
  3. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan informasi publik;

 Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Tugas :

  1. Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi publik;
  2. Menjamin ketersedian dan akselarasi layanan informasi dan dokumentasi bagi pemohon informasi secara cepat, tepat, berkualitas dengan mengedepankan prinsip – prinsip pelayanan prima;
  3. Melakukan verifikasi bahan informasi publik;
  4. Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan dengan berdasarkan aturan yang berlaku dan analisa kajian terhadap data dan informasi terkait;
  5. Melakukan pemutakhiran atau pembaharuan informasi dan dokumentasi secara berkala;
  6. Melaksanakan perencanaan dan program pengelolaan data dan informasi;
  7. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi;
  8. Melaksanakan konsultasi klasifikasi informasi publik;
  9. Melaksanakan inventarisasi pengklasifikasian informasi dan dokumentasi;
  10. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data dan informasi;
  11. Memberikan pertimbangan dan kajian cakupan pemberian informasi, tujuan permintaan informasi serta mekanisme pemberian informasi;
  12. Membuat Daftar Informasi Publik dan Daftar Informasi yang dikecualikan.

 Bidang Dokumentasi dan Arsip

     Tugas :

  1. Membantu PPID Pembantu dalam penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian dan pengamanan informasi;
  2. Membantu PPID Pembantu dalam Pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang  berlaku  dengan cepat, tepat dan

 Bidang Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Informasi

    Tugas :

  1. Melaksanakan perencanaan program bidang pengaduan dan penyelesaian sengketa informasi;
  2. Melaksanakan kordinasi dalam rangka penanganan penyelesaian sengketa informasi;
  3. Melaksanakan verifikasi, laporan dan rekomendasi atas pengaduan atau keberatan/mediasi/ajukasi.

 Bidang Pelayanan Informasi

     Tugas :

  1. Menerima, mengumpulkan dan mendokumentasikan informasi yang telah diklasifikasikan;
  2. Menyediakan informasi dan dokumentasi melalui website;
  3. Melayani permohonan  informasi dan pengaduan melalui helpdesk.

 


Comments



Kirim Komentar